Jenis – jenis sablon pada kaos

Jenis – jenis sablon pada kaos

DSC01364

Plastisol MX

( Efek Cubit )

DSC01365Tampak samping

Sablon Plastisol dengan efek cubit yang bisa dilihat bahwa tampak timbul yang tidak merata ( seperti cubitan ) ini pastinya keren jika dipadukan dengan desain yang gaul. Akan menambah rasa percaya diri ya guys .. !!! :) . Tapi jangan sampai menyetrika kaos yang di sablon dengan Plastisol karena akan membuatnya rusak atau meleleh.

DSC01355Crack Binder

DSC01356Tampak samping

Seperti yang terlihat pada gambar bahwa tinta jenis ini dapat menghasilkan efek retakan yang natural, sangat menawan bila anda hendak menyablon dengan tema vintage atau grunge. Dapat dipastikan sablon jenis ini akan disukai peminat yang menyukai efek retak atau seni yang abstrak.

DSC01357Foaming 3D

DSC01360Detail Tampak Samping

Sablon yang satu ini bernama Foaming ,sering juga disebut dengan tinta timbul atau busa, karena karakteristik tinta ini yang dapat mengembang bila terkena press panas. Digunakan untuk menghasilkan efek timbul (foaming) pada sablonan diatas bahan kaos.

DSC01361Combo Foil, Flock , Reflective

DSC01362Detail lebih dekatnya

Flocking ( gambar warna merah )  merupakan sebuah efek beludru yang dapat kita dapatkan dengan cara transfer atau dengan meniupkan serbuk beludru keatas lem flocking yang sudah mengering ( dengan bantuan mesin magnetik blower ). Sebagai pemula, bila anda ingin mencoba efek ini, maka lebih baik dengan menggunakan teknik transfer, yaitu dengan membeli flocking paper siap pakai, karena mesin magnetik blower berharga cukup mahal, sehingga investasi yang perlu anda keluarkan cukup besar.

DSC01366Phosporescent

Tinta ini punya efek bercahaya saat di tempat gelap. Sebenarnya tinta ini merupakan campuran antara serbuk fosfor yang mampu menyerap cahaya dan memendarkannya kembali saatgelap ( efeknya dalam waktu terbatas ) dengan tinta yang berkarakteristik transparant, seperti misalnya : rubber transparant atau tinta extender. Tinta jenis ini hanya dapat menghasilkan efek yang baik diatas warna terang, sehingga bila hendak disablonkan di atas kain berwarna gelap, maka perlu dilakukan underbase ( dasaran ) berwarna terang terlebih dulu.

Sekarang sudah tahu kan jenis sablon yang keren untuk desain kaos yang keren :) . Semoga info ini bermanfaat yah guys… !!! :) :) .