Tips Berbelanja Baju untuk Hari Lebaran

Berbelanja Baju lebaran 2013 – Salah satu rutinitas dalam Bulan Ramadhan adalah berbelanja baju Lebaran. Seru dan menyenangkan. Meski sulit dihindari, berbelanja baju Lebaran dapat dilakukan dengan cara yang benar, dalam arti tidak mengganggu pola pengeluaran keuangan terlalu banyak.

Bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan, sebagian dari porsi THR dapat digunakan untuk keperluan Lebaran, salah satunya berbelanja baju. Namun, menggunakan THR tanpa perencanaan yang matang pun justru akan membuat kita terperangkap dalam pola pengeluaran keuangan yang salah. Hal ini karena masih ada hal lain yang perlu dipersiapkan selain baju Lebaran, sebut saja kue Lebaran, masakan, THR karyawan di rumah, tiket mudik, hingga angpao Lebaran.

Berikut tips berbelanja baju Lebaran secara bijak:

Siapkan Anggaran Belanja Jauh-Jauh Hari

Ada baiknya anggaran belanja baju Lebaran disiapkan jauh-jauh hari dengan menyisihkan sekitar 5-10% pendapatan setiap bulannya. Survei FinQ yang diadakan terhadap 500 responden Indonesia pada tanggal 14-19 Desember 2011 menyatakan bahwa 34% orang Indonesia menyisihkan 1%-10% dari pendapatannya tiap bulan untuk ditabung. Sementara itu, sekitar 30% orang Indonesia menyisihkan 11%-20% dari pendapatannya tiap bulan untuk ditabung. Bila hal ini dilakukan, uang THR dapat kita alokasikan untuk kebutuhan. Bila Anda sadar bahwa Anda boros, ada baiknya untuk membawa kartu ATM/kredit seperlunya.

Buat Daftar Belanja

Buat daftar belanja baju sebelum berangkat ke pusat perbelanjaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa keperluan utama tersebut dapat terpenuhi sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Jangan mudah tergiur dengan kata Diskon

Diskon sering membuat kita berpikir bahwa kita dapat berhemat. Namun sayangnya, banyak orang tertipu dengan kata diskon sehingga membeli barang yang sebenarnya tidak begitu diinginkan atau diperlukan.

Bijak dalam Memutuskan Membeli

Sebelum memutuskan membeli baju, ada baiknya untuk mengecek harga atau pakaian sejenis di tempat lain. Dengan begitu, kita memiliki peluang untuk mendapatkan harga terbaik dan tidak menyesal. Hal ini penting untuk dilakukan karena berdampak langsung pada keuangan.

Membeli Baju yang Sesuai

Ada kalanya seseorang membeli baju dengan ukuran yang lebih kecil hanya karena alasan habis stok dan model yang sedang tenar. Hal ini keliru karena bisa-bisa baju tersebut hanya digunakan sesekali saja dan tidak dapat digunakan lagi di masa depan. Ada baiknya untuk membeli baju dengan model yang tahan lama dan sesuai dengan ukuran tubuh kita sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Membeli pakaian yang dapat digunakan di masa depan juga merupakan sebuah investasi.

sumber : mywealth